Kamis, 06 Mei 2021

Yuk Ketahui Resep Ayam Shilin Rumahan yang Cocok Menjadi Cemilan Favorit Keluarga

Posted by Mastah on Kamis, 06 Mei 2021

Menjadikan ayam gurih dan crispy sebagai camilan memang dapat membuat anda ketagihan dan tidak bisa berhenti mengunyah. Misalnya saja seperti sajian ayam Shilin yang menjadi salah satu camilan favorit. Apabila ingin menikmati waktu luang bersama keluarga, mencoba resep ayam crispy ini menjadi solusi terbaik. Ingin tahu resepnya? Simak ulasan berikut. 

 

Bahan Bahan Pelengkap yang Harus Dipersiapkan
Sebelum menyajikan camilan lezat ini, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa bahan utama yang menjadi pelengkap kelezatan. Diantaranya yaitu 500 gram dada ayam yang sudah di fillet dan bersih dari sisa sisa tulang yang melekat, 100 gram tepung terigu , 80 gram tepung tapioka, 1 butir telur ayam, dan sediakan juga minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. 


Tidak hanya bahan utama, tapi anda juga harus menyiapkan bumbu marinasi. Marinasi sendiri memiliki artian sebagai proses perendaman daging ayam di dalam marinate, sebelum diolah lebih lanjut. Marinade merupakan nama populer dari cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam yang biasanya digunakan untuk menambahkan rasa serta meningkatkan keempukan daging ayam. 


Membuat shilin juga menggunakan peran bumbu marinasi agar mendapatkan kelezatan yang bikin ketagihan. Adapun bumbu marinasi yang harus dipersiapkan yaitu 3 sendok makan kecap asin, 2 sendok makan cuka, 1 sendok teh bubuk ngohiong, dan satu sendok teh bubuk cabai serta gula pasir. 


Langkah Pembuatan Resep Ayam Crispy
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan camilan favorit yang satu ini, anda terlebih dahulu memotong tipis dada ayam, dengan membelah daging fillet menjadi dua bagian. Berikutnya, haluskan dada ayam tersebut dengan cara dipukul pukul hingga menunjukkan tekstur daging yang merata.


Jika sudah, masukkan dada ayam fillet tersebut ke dalam bumbu marinasi yang sudah anda buat sebelumnya. Pada langkah ini anda harus memperhatikan waktu terbaik melakukan marinasi daging ayam, pasalnya setiap daging yang direndam bumbu memiliki waktu yang berbeda beda sesuai dengan ketebalannya. Untuk daging ayam shilin sendiri memiliki waktu perendaman berkisar 30 menit. 


Selama menunggu waktu marinasi, anda bisa menyiapkan beberapa bahan pelengkap lainnya. Seperti tepung terigu, telur yang dikocok, dan tepung tapioka. Dimana masing masing bahan tersebut harus berada di wadah yang berbeda. Dengan begitu, anda akan mudah mencelupkan daging ayam pada aneka jenis bumbu yang sudah disiapkan.


Jika proses marinasi sudah selesai, langkah pertama yang perlu dilakukan yakni celupkan potongan ayam ke tepung terigu hingga merata. Selanjutnya baluri dengan telur, dan langkah terakhir yaitu melapisi daging ayam kembali dengan tepung tapioka. Agar bumbu merata dan ayam terselimuti tepung, anda bisa memijat ayam dan pastikan semua bagian  daging sudah tertutupi tepung. 


Saat semua ayam sudah dilumuri tepung, langkah berikutnya yakni menggoreng ayam fillet menggunakan api sedang. Cara ini dilakukan agar daging tersebut benar benar matang hingga pada bagian dalamnya. Jika daging sudah berwarna coklat, langsung angkat ayam shilin tersebut dari penggorengan, dan tiriskan. Proses pun selesai, dan anda bisa menyajikannya dengan tambahan bumbu sesuai selera. 


Demikian resep serta langkah yang bisa diterapkan saat hendak membuat camilan ayam crispy ini. Meskipun terlihat sederhana, namun jika anda kurang teliti dalam pembuatan dan menakar resep serta bumbu, dikhawatirkan mendapatkan rasa ayam yang kurang sedap. Maka dari itu, perhatikan dengan baik semua langkah tersebut agar mendapatkan cemilan yang menggugah selera.

Newest
You are reading the newest post